Selasa, 28 Mei 2019

SEJARAH CU NYAI ANTA


SEJARAH CU NYAI ANTA
( Via Et Vita)
“Jalan dan Kehidupan”
Pada tahun 1994 beberapa orang tokoh masyarakat warga dusun Nanga Taman kedesaan Nanga Taman kecamatan Nanga Taman kabupaten Sekadau atas inisiatif dan motivasi dari bapak Matheus Soni membentuk sebuah lembaga keuangan yaitu koperasi kredit CU Nyai Anta. Tujuannya adalah untuk membantu mengatasi masalah keuangan yang sedang sulit dihadapi masyarakat dan merubah kondisi kehidupan masyarakat yang harus diperbaiki dan perlu peningkatan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik dan terarah.
Nama CU sendiri diambil dari nama sesorang pahlawan yang dianggap memiliki pengaruh kuat pada zamannya, yakni Nyai Anta. Nyai Anta adalah nama seorang pertapa perempuan yang berasal dari keturunan raja. Dalam bahasa melayu Sekadau, Nyai artinya Nenek. Memilih nama Nyai Anta, masyarakat berharap roh Nyai kelak dapat melindungi lembaga CU maupun anggotanya dari berbagai hal. Terkait dengan Nyai Anta, sampai saat ini masih ada tembawang dan bekas tiang lumbung padi Nyai Anta. Tempatnya berada ditepi sungai Meragun Desa Meragun Kecamatan Nanga Taman. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, bekas tiang lumbung padi Nyai Anta dianggap tempat yang keramat untuk niat-niat yang baik. Pada awal berdiri, anggota CU Nyai Anta beranggotakan 10 orang. Kesepuluh orang perintis awal tersebut adalah Matheus Soni, Yosef Badu, Yosef Thomas, Laurentius Nomong, Kris Rabay, Bernardus, Barnabas Junden, Marcellus, dan Paulus Bakiri.
Bersama Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Pancur Kasih (PEK-PK) sangat mendukung inisiatif anggota di Nanga Taman mendirikan CU diwilayah Nanga Taman. Sesuai hasil rapat seluruh anggota menyepakati nama yang dipakai yaitu Nyai Anta. Dalam kurun waktu yang tidak begitu lama dari tahun 1994-1995 bersama PEK-PK mendampingi dan memberi pelayanan pendidikan, mulai dari motivasi sampai pendidikan dasar bagi masyarakat dusun Nanga Taman selanjutnya sosialisasi ke seluruh wilayah Nanga Taman, maka berkat kerjasama seluruh anggota dan dibantu PEK-PK sehingga tanggal 14 Mei 1995 secara resmi berdiri CU Nyai Anta dan pengangkatan pengurus periode pertama dihadiri oleh A.R Mecer dan Munaldus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar